Saturday, 28 October 2017

Gurah Panggilan Bandung 24 Jam

Gurah Panggilan Bandung Dan Cimahi 24 Jam


Gurah adalah sebuah terapi tradisional dengan cara memasukkan ramuan obat herbal ke dalam hidung sehingga bisa mengeluarkan lendir dan kotoran dari hidung dan mulut, bahkan air mata pun bisa keluar. Pengobatan gurah sebenarnya sudah ada sejak zaman nabi Muhammad SAW, yang pada waktu itu dipakai untuk mengobati penyakit udzrah. Penyakit udzrah adalah penyakit yang menyebabkan pendarahan pada hidung seperti mimisan.

Pada zaman sekarang gurah sering digunakan oleh para penyanyi dan qari untuk menjaga suara mereka agar lebih jernih, nyaring dan halus, gurah pun bisa memanjangkan nafas seseorang hingga beberapa detik. Selain itu gurah juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, seperti sinusitis, susah keluar dahak, amandel, stroke, sesak nafas dan asam lambung.

Gurah Panggilan Antapani Bandung

Bagi masyarakat Antapani Bandung yang membutuhkan terapi gurah namun malas keluar rumah, kami menyediakan layanan gurah panggilan untuk masyarakat antapani dan sekitarnya hubungi Telp/WA : 085295035000 atau 089526881111
 
Gurah panggilan di bandung mungkin salah satu layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin mencoba pengobatan gurah. Bagi masyarakat kota Bandung yang ingin mencoba terapi gurah namun jauh dari klinik gurah atau males ke luar rumah, anda bisa menggunakan layanan gurah panggilan bandung dengan menghubungi kontak  HP/WA 085295035000. Kami menerima layanan gurah panggilan untuk daerah kota bandung dan sekitarnya 24 jam.



Pada masa kini penggunaan dan aplikasi dari pengobatan tradisional semakin berkembang. Menurut WHO, pengobatan tradisional adalah praktek, pendekatan, tindakan pengobatan, pengetahuan pengobatan, dengan menggunakan tumbuhan, mineral, binatang, cara spiritual, latihan jasmani dan teknik manual yang dilakukan secara tunggal atau kombinasi yang dilakukan untuk mengobati, mendiagnosis, mencegah sakit dan mempertahankan keadaan sehat. Salah satu pengobatan tradisional yang saat ini sedang berkembang dan diminati oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah Gurah.

Gurah Panggilan Arcamanik Bandung

Untuk tempat gurah di arcamank, saat ini kami belum bisa membuka cabang, oleh karena itu bagi masyarakat arcamanik bandung yang memerlukan terapi gurah namun malas keluar rumah, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menggunakan layanan gurah panggilan dengan menghubungi Telp/WA : 085295035000 atau 089526881111 

Gurah dilakukan dengan cara memasukkan suatu bahan/ ramuan tertentu ke dalam lubang hidung yang bertujuan untuk mengeluarkan lender dan kotoran yang ada di hidung dan rongga-rongga sekitarnya. Cara pengobatan tradisional ini umumnya diwariskan secara turun-temurun.Pada awalnya gurah hanya dipakai oleh kalangan tertentu saja, seperti pesantren, pesinden, penyanyi, dengan tujuan menjernihkan dan menyaringkan suara. Namun pada perkembangannya, gurah juga dipakai sebagai cara pengobatan penyakit / gangguan saluran nafas. Dari hasil survei yang dilakukan oleh Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) diperoleh gambaran bervariasinya ramuan atau tanaman yang digunakan sebagai bahan gurah. Berdasarlam hasil pengamatan dalam survei tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pada awalnya ramuan gurah dibuat dengan ramuan dari tanaman senggugu (Clerodendron serratum Spreng).

Penelitian tentang gurah saat ini masih belum banyak dilakukan, terutama pemberian gurah pada pasien sinusitis kronik. Pada tahun 2000, dilakukan penelitian tentang “Perspektif Cara Pengobatan Gurah di Provinsi Jawa Tengah.” yang dilakukan oleh Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) Jawa tengah.Kemudian penelitian lanjutan dilakukan yaitu “Penerapan Praktek Gurah, Studi percontohan Pelayanan Kesehatan Tradisional di SP3T Jawa Tengah” Ternyata di penelitian-penelitian tersebut ada beberapa hal yang dikeluhkan oleh pasien yang terjadi segera setelah digurah.Keluhan seperti leher terasa kaku, mata perih, hidung pengar dan sebagainya.Keluhan tersebut berlangsung sampai tiga hari, dan pada baru hari kelima keluhan keluhan tersebut sudah tidak dirasakan lagi.Di dalam penelitian tersebut dilakukan survei, SP3T merekomendasikan penggunaan akar senggugu (Clodenrum serratum Spreng) sebagai ramuan untuk gurah.

Kemudian dilanjutkan lagi penelitian lanjutan “Observasi Klinik Pengobatan Gurah Dengan Perasan Kulit Akar Senggugu ( Clerodendron serratum Spreng)” pada tahun 2004 dimana penelitian tersebut menggunakan kulit akar senggugu (Clerodendron serratum Spreng) yang telah distandarisasi. Hasil penelitian tersebut ternyata Gurah dengan kulit akar senggugu (Clerodendron serratum Spreng) yang telah distandarisasi tidak menimbulkan adverse effect reaction yang membahayakan yang ditandai dengan tidak adanya cairan darah yang keluar bersama sekret serta tidak adanya beda gambaran sitologis sekret. Untuk efek samping yang dapat ditolerir umumnya berupa rasa pusing di seluruh kepala, mata memerah dan berair, hidung terasa pengar dan keluar ingus, rasa haus serta telinga berdenging akan menghilang setelah jam kelima pemberian.

Penyakit sinusitis adalah peradangan pada salah satu atau lebih mukosa sinus paranasal.Sinusitis juga dapat disebut rinosinusitis, menurut hasil beberapa diskusi pakar yang dipublikasikan di European Position Paper on Rhinosinusitis and Nasal Polyps (EP3OS) menggunakan istilah rinosinusitis menggantikan sinusitis.2 Istilah rinosinusitis lebih pantas untuk digunakan dikarenakan konkha nasi media meluas ke sinus etmoid, sehingga konkha nasi media berada di dalam sinus etmoid. Secara klinis, inflamasi sinus ( sinusitis ) jarang terjadi tanpa inflamasi mukosa nasal yang berdekatan secarabersamaan. Walaupun istilah yang saat ini digunakan ialah rinosinusitis, para ahli yang menetapkan bahwa istilah rinosinusitis maupun sinusitis dapat digunakan secara bergantian.

Sinusitis dapat di klasifikasikan menjadi beberapa jenis. Menurut Konsensus International tahun 2004 membagi sinusitis menjadi akut dengan batas sampai 4 minggu, sub akut bila terjadi antara 4 minggu sampai 3 bulan atau 12 minggu, kronik bila lebih dari 3 bulan atau 12 minggu.8 dan berulang apabila terjadi serangan 3 kali atau lebih dalam 1 tahun dan diantara tiap serangan yang terjadi ada masa sembuh dari gejala..

Sinusitis kronik merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan yang kronik yang mengenai mukosa sinus paranasal. Kasus sinusitis kronik banyak ditemukan di masyarakat, hal ini tergambar dari angka kejadiannya.Angka kejadian di Amerika Serikat ditemukan sebanyak 15% dari keseluruhan populasi dewasa setiap tahunnya, dan kurang lebih 50 juta orang di Amerika Serikat menderita sinusitis kronik.5 Untuk di Semarang sendiri, jumlah pasien yang berkunjung ke klinik THT – KL RSUP Dr.Kariadi Semarang pada tahun 2006, dicatat sebanyak 1.152 kasus, dimana 816 kasus (71%) merupakan kasus lama yang mengalami kekambuhan.

Sinusitis kronik dapat mengalami kekambuhan atau eksaserbasi akut. Eksaserbasi akut sinusitis kronik didefinisikan sebagai perburukan tiba – tiba dari gejala sinusitis kronik yang sudah menetap. Memburuknya keadaan pasien ini ditandai dengan bertambahnya derajat gejala yang sudah ada maupun munculnya gejala baru pada pasien.7 Pada eksaserbasi akut sinusitis kronik ditemukan adanya perubahan bakteriologi. Pada sinusitis akut bakteri anaerob sering menjadi penyebab kausatif dan pada sinusitis kronik lebih banyak disebabkan oleh bakteri gram negatif, sedangkan pada eksaserbasi akut sinusitis kronik disebabkan oleh bakteri anaerob maupun gram negatif.8,9
Pada pasien yang mengalami didiagnosis sinusitis kronik yang kemudian mengalami eksaserbasi akut mengalami hambatan pada aktifitas sehari – hari nya. Hal ini disebabkan karena gejala sinusitis kronik yang tadinya persisten mengalami pemburukan secara tiba – tiba.Sehingga sangat menurunkan quality of life pasien yang sebenarnya sudah turun dikarenakan sinusitis kronik. Sehingga kejadian eksaserbasi akut sebisa mungkin harus dihindari pasien yang menderita sinusitis kronik.

Oleh karena itu, seorang Mahasiswa Universitas diponegoro melakukan penelitian mengenai“Analisis pengaruh pengobatan gurah pada pasien sinusitis kronik terhadap angka kekambuhan” . penelitian ini perlu dilakukan karena kekambuhan pada sinusitis kronik memperberat gejala sinusitis kronik dan menurunkan quality of life dari pasien.

Dan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Terdapat penurunan bermakna angka kekambuhan sinusitis kronik pada pasien sinusitis kronik yang mendapat perlakuan gurah dibanding tidak mendapat perlakuan gurah. Pada bulan ketiga 15% dari pasien pada kelompok kontrol mengalami kekambuhan, sedangkan pada kelompok perlakuan masih belum mengalami kekambuhan hingga bulan ketiga.



Tempat Gurah Panggilan Padalarang Bandung

Bda banyak sekali tempat gurah di kota Bandung, salah satunya tempat gurah di padalarang Bandung. Bagi anda yang memerlukan terapi gurah namun malas keluar rumah anda bisa menggunakan layanan gurah panggilan dengan menghubungi kontak 085295035000. Kami melayani terapi gurah panggilan untuk wilayah Bandung dan sekitarnya. 

Beberapa pegurah menggunakan bahan dasar ramuan gurah berupa kulit akar pohon Senggugu. Pembuatannya dengan cara merebus kulit akar yang sudah dikeringkan di dalam panci tanah. Air dituangkan sampai seluruh kulit akar Senggugu kering terendam dan direbus hingga air yang tersisa kurang dari setengahnya.

Cara penggunaanya adalah dengan meneteskan 3-5 tetes ke dalam kedua lubang hidung. Pada saat diteteskan, pasien diminta menahan nafas sejenak, karena bila tidak menahan nafas pasien akan tersedak dan rasanya akan sakit sekali dan pedih. Setelah itu pasien diminta untuk menelan cairan yang mengalir dari lubang hidung tenggorok, sebanyak dua kali .Setelah itu, ditengadahkan selama 1-2 menit, kemudian ditelungkupkan sampai keluar lendir dengan sendirinya. Pada saat pengeluaran lendir ini pasien tidak boleh berusahan mengeluarkan lendir lewat hidung tetapi harus melalui mulut. Apabila pasien berusaha mengeluarkan lendir melalui hidung dengan paksa, hidung akan terasa pedih dan buntu. 

Pada umumnya proses keluarnya cairan ini berlangsung antara satu setengah jam hingga dua jam, tergantung dari berat tidaknya penyakit. Warna lendir juga tergantung penyakit yang diderita.Untuk yang penyakit berat atau orang yang memiliki kebiasaan merokok yang berat ataupun orang yang biasa minum-minuman keras, biasanya cairan lendir berwarna kekuningan hingga kecolkatan.Sedangkan untuk orang yang sehat atau tidak memiliki keluhan penyakit khusus atau penyakit yang diderita masih ringan, maka cairan lendirnya berwarna bening dan sedikit. Bila proses keluarnya lendir belum selesai, lendir akan tetap mengalir. Lendir tersebuh akan berhenti mengalir dengan sendirinya, tidak bisa dipaksakan berhenti begitu saja.

Selama telungkup untuk proses mengeluarkan lendir, tubuh bagian belakang terutama punggung dan kepala pasien akan dipijat oleh pegurah untuk membantu melancarkan lendir keluar. Selain itu pemijatan tersebut juga berfungsi agar ketegangan tubuh selama telungkup dan tegang akibat lendir yang keluar dapat mengendor. Bagi pasien yang baru pertama kali digurah, pada lima belas menit pertama merasa panik karena merasa kepala berat dan pusing terutama bila lendir tidak lancer mengalir. Sedangkan bagi pasien yang sudah pernah digurah, sudah tidak terkejut dan panik lagi menghadapi kondisi saat telungkup.

Setelah lendir berhenti mengalir dari hidung dan mulut, pasien dianjurkan untuk duduk beberapa saat sambil dipijat kembali. Posisi duduk ini berfungsi membuat pasien rileks kembali dari ketegangan sembari mengambil nafas panjang yang terhambat selama proses keluarnya lendir. Dengan demikian pernafasan akan menjadi longgar dan ringan. Selain itu juga pasien diberi air putih hangan untuk diminum, yang berfungsi untuk meringankan tenggorokan yang terasa panas dan perih. Pasien yang baru saja digurah, pada umumnya pada muka terlihat sembab dengan mata bengkak dan hidung merah, serta suara sengau seperti halnya orang yang sedang menderita flu berat. Keadaan ini biasanya berlangusng selama dua sampai tiga hari.

Location: Wisma Resko Nugraha Blok A2 No. 05 Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat 40611, Indonesia (Depan Asrama Militer Yonzipur 9)

0 comments:

Post a Comment