Sunday, 16 March 2014

Manfaat Madu Bagi Kesehetan

11 Manfaat Madu 

 

Madu Sebagai Anti Bakteri

 

Dilaboratorium, madu telah terbukti menghambat pertumbuhan patogen yang bertalian dengan makanan seperti E. coli dan salmonella, dan untuk melawan bakteri tertentu, termasuk Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa, yang keduanya umum digunakan di rumah sakit dan kantor dokter.

 

Ciri-ciri Madu Asli

 

Di Toko madu Anda akan melihat bahwa  ada beberapa madu yang berwarna terang dan ada yang lebih gelap.Secara umum, semakin gelap madu, maka semakin baik pula antibakteri dan kekuatan antioksidannya. Madu dihasilkan dalam banyak varietas, tergantung pada sumber serbuk sari bunga atau nektar yang dikumpulkan dan muntahan oleh lebah madu saat tiba di sarang. Madu dinilai dari kejelasan aroma, rasa, dan tidak adanya sedimen, seperti partikel sarang lebah. 

Ada yang mengatakan bahwa madu asli tidak akan dimakan semut (semut tidak menyukainya) karena kalau semut menyukainya pasti madu yang ada disarang lebah (baik di tanah atau dipohon) pasti akan habis. Pendapat ini sepintas seperti benar, namun pertanyaannya apakah madu mengandung gula atau glukosa? Jawabannya pasti. Karena semuanya yang berasa manis pasti mengandung gula atau glukosa tapi kenapa madu yang ada didalam tanah atau pohon tidak dimakan semut? karena madu yang ada di dalam sarang lebah dibungkus oleh lilin atau malam lebah, sehingga bau gula tidak tercium oleh semut, bukankah semut mendeteksi adanya gula dengan penciuman bukan dengan penglihatan? secara umum madu asli lebih kental dan beraroma khas madu yang menyengat. tapi itu pun tidak menjamin, karena kita tidak melihat mulai dari pemanenan sampai pengemasan. Namun bila anda ingin madu yang benar-benar asli pilihlah madu yang dijual dengan sarangnya (madu masih terbungkus oleh sarang) namun harganya cukup mahal, namun ada beberapa produsen yang dipercaya menjual madu asli yang berkualitas contohnya Peternakan Lebah Madu Bina Apiari Cibubur Jakarta atau Madu Perhutani atau bisa juga anda membelinya langsung dari peternak lebah ternama. 

Lebah menelan, mencerna dan memuntahkan nektar untuk membuat madu, nektar ini mengandung hampir 600 senyawa. Kita membutuhkan lebah karena khasiat madunya, jadi mari kita melakukan segala yang bisa untuk menyelamatkan mereka dan menjaga mereka di bumi ini. ">Madu sangat baik kita konsumsi dan telah termasuk dalam daftar powerfoods yang harus ada di dapur Anda sekarang.

 

Manfaat Madu Bagi Kesehatan :

  1. Mencegah kanker dan penyakit jantung : Madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.
  2. Mengurangi bisul dan gangguan pencernaan lainnya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa pengobatan madu dapat membantu gangguan seperti bisul dan gastroenteritis bakteri. Hal ini mungkin terkait dengan manfaat ke-3 ...
  3. Anti- bakteri, anti - jamur, anti - jamur :" Semua madu adalah antibakteri, karena lebah menambahkan enzim yang membuat hidrogen peroksida, " kata Peter Molan, direktur Unit Penelitian Madu di Universitas Waikato di Selandia Baru.
  4. Meningkatkan kinerja olahragawan. Atlet Olimpiade kuno akan makan madu untuk meningkatkan kinerja mereka. Ini sekarang telah diverifikasi dengan studi modern, menunjukkan bahwaitu adalah unggul dalam mempertahankan tingkat glikogen dan m eningkatkan waktu pemulihan dibandingkan pemanis lainnya.
  5. Mengurangi batuk dan iritasi tenggorokan : Madu membantu dengan batuk, terutama madu soba Dalam sebuah penelitian terhadap 110 anak-anak, dosis tunggal madu soba adalah sama efektifnya dengan dosis tunggal dekstrometorfan dalam meredakan batuk pada malam hari dan memungkinkan tidur yang nyenyak. 
  6. Keseimbangan Panca Indera : Madu telah digunakan dalam pengobatan ayurvedic di India selama setidaknya 4000 tahun dan dianggap mempengaruhi ketidak seimbangan fungsi dasar tubuh secara positif. Hal ini juga dikatakan madu berguna dalam meningkatkan penglihatan, penurunan berat badan, menyembuhkan impotensi dan ejakulasi dini, gangguan saluran kencing, asma bronkial, diare, dan mual. Madu disebut sebagai " Yogavahi " karena memiliki kualitas menembus jaringan terdalam dari tubuh . Ketika madu digunakan dengan obat herbal lain, meningkatkan kualitas obat tersebut secar lebih tajam dan juga membantu mereka untuk mencapai jaringan yang lebih dalam.
  7. Menurunkan kadar gula darah : Meskipun madu mengandung gula sederhana, itu TIDAK sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi yang tepat antara fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak akan menaikkan gula darah Anda.
  8. Menyembuhkan luka dan luka bakar : Aplikasi luar madu telah terbukti sama efektifnya dengan pengobatan konvensional dengan sulfadiazene perak. Hal ini berspekulasi bahwa efek pengeringan gula dan sifat anti - bakteri madu menggabungkan untuk membuat efek ini, sehingga luka cepat sembuh.
  9. Probiotik : Beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri ramah. Ini termasuk sampai dengan 6 jenis laktobasilus dan bifido 4 spesies . Hal ini mungkin menjelaskan banyak " sifat terapeutik misterius madu. 
  10. Kulit indah : Kualitas anti - bakteri yang sangat berguna untuk kulit, dan bila digunakan dengan bahan lain, juga dapat melembabkan kulit dan memperkaya gizi ! Untuk Salon kecantikan yang komplit, Anda mungkin sudah memiliki semua bahan di dapur Anda.
  11. Mengobati kemandulan : Royal Jelly memang bukan madu tapi erat kaitannya dengan madu, Royal Jelly adalah susu lebah Ratu yang berwarna putih, inilah rahasianya kenapa lebah Ratu subur dan bertelur terus karena lebah ratu selalu memakan Royal Jelly, dan kenapa lebah pekerja yang semuanya berjenis kelamin betina mandul semua dan tidak bisa bertelur, karena lebah pekerja hanya memakan madu dan tidak pernah memakan royal jelly karena royal jelly hanya dipersembahkan untuk lebah ratu. Inilah sebabnya mengkonsumsi madu dan Royal Jelly merupakan kombinasi yang baik untuk mengobati kemandulan.

0 comments:

Post a Comment